Cara Investasi Emas Batangan Logam Mulia

Cara Investasi Emas Batangan Logam Mulia

Bagaimana Cara Investasi Emas Bagi Pemula?

Investasi Emas
Para investor yang ingin menikmati sentuhan, rasa dan keamanan memiliki emas kemungkinan besar ingin membeli emas batangan daripada investasi tidak berwujud seperti dana yang diperdagangkan di lantai bursa.

Emas fisik disebut juga emas batangan, dapat dibeli dengan harga spot, yaitu harga emas non-fabrikasi ditambah biaya tambahan, yang bervariasi tergantung penjualnya.

Jika terjadi keruntuhan ekonomi total, emas fisik (emas batangan) dapat dilikuidasi.

Dari zaman peradaban kuno hingga era modern, logam mulia (emas) telah menjadi mata uang pilihan dunia.

Saat ini, investor membeli emas terutama sebagai lindung nilai terhadap kerusuhan politik dan inflasi.

Selain itu, banyak penasihat investasi terkemuka merekomendasikan alokasi portofolio dalam komoditas, termasuk emas, untuk menurunkan risiko portofolio secara keseluruhan.

#investasi #carainvestasiemasbatangan #gold #investment

Emas Batangan

Emas batangan, cara investasi emas batangan merupakan bentuk kepemilikan emas langsung yang paling terkenal.

Sebenarnya, emas batangan adalah segala bentuk emas murni, atau hampir murni, yang telah disertifikasi dari segi berat dan kemurniannya.

Termasuk koin, batangan dll, dengan ukuran berapa pun. Nomor seri biasanya juga ditempelkan pada batangan emas, untuk tujuan keamanan.

Di sisi lain, emas batangan yang disimpan berupa batangan dan koin berukuran lebih kecil memberikan lebih banyak likuiditas dan cukup umum di kalangan pemilik emas.

Cara Investasi Emas

Investasi emas dimana? "Cara Investasi Emas Batangan Logam Mulia".

Secara umum, para investor pemula yang ingin berinvestasi emas secara langsung memiliki tiga opsi: mereka dapat membeli aset fisik, mereka dapat membeli saham reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa, atau dapat memperdagangkan kontrak berjangka dan opsi.

Di pasar komoditas. Investor pemula mungkin lebih memilih untuk membeli koin emas, sementara investor ahli menerapkan strategi menggunakan opsi pada emas berjangka.

Bagaimana cara investasi emas yang baik?

Ada beberapa cara investasi emas batangan seperti: membeli logam itu sendiri, membeli dana emas, atau membeli opsi emas.

Investasi emas batangan untuk perorangan dapat berupa emas batangan atau koin.

Reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa yang berinvestasi pada logam mulia atau saham perusahaan pertambangan menawarkan cara berinvestasi yang lebih likuid dan murah.

Investor yang lebih canggih mungkin memperdagangkan emas berjangka atau opsi berjangka.
Membeli Emas Batangan

Dibandingkan dengan komoditas lainnya emas lebih mudah diakses oleh para investor, karena seseorang dapat dengan mudah membeli emas batangan (logam mulia kuning, dalam bentuk koin atau batangan), dari dealer logam mulia atau, dalam beberapa kasus melalui Bank atau perantara.

Pastikan kamu membeli dari dealer yang memiliki reputasi baik, baik secara langsung maupun melalui internet.

Koin emas jelas membutuhkan penyimpanan, baik brankas rumah atau brankas bank. Pastikan kamu juga mengasuransikannya juga ya!.


Membeli Saham Pertambangan Emas

Jika kamu tidak bisa mendapatkan emas secara langsung, kamu tetap bisa memantau saham pertambangan emas.

Perlu diingat, bahwa saham emas tidak selalu bergerak sejalan dengan harga emas batangan, karena perusahaan pertambangan berhasil atau gagal berdasarkan kinerja operasi masing-masing dan bagaimana mereka menggunakan modal dan menghasilkan keuntungan.

Kamu tidak memiliki keamanan kepemilikan fisik logam jika perusahaan yang kamu beli tidak berhasil. Salah satu masalah utama dengan investasi langsung ke emas adalah tidak adanya potensi pertumbuhan.

Satu ons emas hari ini akan menjadi satu ons emas yang sama 100 tahun dari sekarang.

Itulah salah satu alasan utama mengapa investor terkenal  Warren Buffett tidak menyukai emas – emas  pada dasarnya adalah aset yang tidak produktif.

Pertanyaan Tentang Investasi Emas
Apa cara terbaik bagi pemula untuk berinvestasi emas?

Tidak ada cara sempurna untuk memiliki emas: Setiap opsi dilengkapi dengan trade-off.

Konon, strategi terbaik bagi kebanyakan orang adalah membeli saham di perusahaan streaming dan royalti.

Namun, apa yang harus diinvestasikan hanyalah salah satu bagian dari teka-teki: Ada faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan.

 
Berapa banyak yang harus kamu investasikan dalam emas?

Emas bisa menjadi investasi yang tidak stabil, jadi kamu tidak boleh memasukkan sejumlah besar aset kamu ke dalamnya.

Sebaiknya simpan kurang dari 10% dari keseluruhan portofolio saham milikmu.

Manfaat nyata, bagi investor baru dan berpengalaman, berasal dari diversifikasi yang ditawarkan emas.

Setelah kamu membangun posisi emas kamu, pastikan untuk menyeimbangkan portofolio secara berkala sehingga eksposur relatif terhadapnya tetap sama.

Kapan sebaiknya membeli emas?

Yang terbaik adalah membeli dalam jumlah kecil dari waktu ke waktu.

Saat harga emas sedang tinggi, harga saham terkait emas pun ikut naik.

Itu bisa berarti hasil yang tidak memuaskan dalam waktu dekat, tetapi itu tidak mengurangi keuntungan dalam jangka panjang memegang emas untuk mendiversifikasi portofolio kamu.

Dengan membeli sedikit demi sedikit, kamu bisa mendapatkan dollar-cost average ke posisi tersebut.

Seperti halnya investasi apa pun, tidak ada jawaban yang cocok untuk semua tentang bagaimana kamu harus berinvestasi dalam emas.

Tetapi berbekal pengetahuan tentang cara kerja industri emas, apa yang dibutuhkan setiap jenis investasi, dan apa yang harus dipertimbangkan saat menimbang pilihan mu, Kamu dapat membuat keputusan yang tepat untuk dirimu.
Terima kasih, sudah meluangkan waktu membaca artikel bisnis mengenai "Cara Investasi Emas Batangan Logam Mulia" semoga berguna dan dapat membawa manfaat buat para pembaca dimanapun berada.

Sehat selalu!
Salam dari kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *