Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor

Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor

Mulai Bangun Bisnis Sendiri

Memulai bisnis/usaha tanpa investor dapat menghasilkan banyak manfaat tentunya, kamu tidak perlu berkompromi dengan para investor atau pemegang saham (investor).

Ada hal-hal yang perlu kamu siapkan kalau tidak punya investor dalam bisnis mu. Seperti waktu, kamu harus siap meluangkan waktu dan menghabiskan waktu yang kamu punya untuk bisnis.

Tidak hanya waktu saja, kamu harus bertanggung jawab penuh dalam urusan pekerjaan bisnis. Ingat untuk selalu mengawasi keuangan mu, rekrutlah karyawan jika diperlukan. 

Membangun bisnis dari nol bawah pasti mengalami sebuah proses kesulitan, apalagi jika membangun bisnis tanpa adanya dana dari investor bisa jadi lebih sulit lagi.

Namun, memilih untuk memulai perusahaan tanpa peran seorang investor dapat menghasilkan banyak manfaat yang lebih besar lho!. Apa manfaat yang didapat? yuk lanjut membaca artikel bisnis ini.

Manfaat

Banyak keputusan dalam memulai sebuah bisnis, termasuk untuk mencari investor atau tidak. Hal tersebut penting sekali untuk dipertimbangkan dalam sebuah bisnis.

Lauren Grech, CEO dan salah satu pendiri LLG Events menuturkan bahwa memulai sesuatu sendiri dan menginvestasikan waktu serta modal sendiri memanglah berat, tetapi memiliki manfaat.

Ada beberapa manfaat untuk membangun bisnis tanpa investor:

1. Kamu memiliki kendali penuh.

2. Tidak harus berkompromi para investor (pemegang saham atau dewan direksi).

3. Memiliki kebebasan untuk mengubah arah bisnis sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor

Investasi Waktu

Memulai bangun bisnis dengan investor dan tanpa adanya investor itu hampir sama. Namun, jika kamu tidak memiliki dukungan dana dari luar, kamu harus memiliki kesiapan untuk menghabiskan lebih dari satu hal khususnya: waktu.

Ketika memulai bangun bisnis sendiri tanpa investor, Kamu harus menginvestasikan waktu,” kata Lauren Grech.

1. Investasikan waktu luang

Cara membangun bisnis yang pertama yaitu investasikan waktu luang mu. Karena memulai bangun bisnis tanpa adanya investor dapat membuat mu kekurangan dana, tetaplah untuk tetap bekerja sambil mengembangkan bisnis baru mu.

Cobalah menghadiri acara-acara pada akhir pekan untuk mendapatkan pengetahuan industri, wawasan mengenai pemasaran, perencanaan dan koneksi jaringan bisnis.

Lakukan pertemuan dengan vendor dan klien mu.

2. Keputusan serta tanggung jawab

Cara membangun bisnis yang kedua yaitu keputusan serta tanggung jawab. Pada saat awal bisnis berjalan, mungkin kamu tidak memiliki banyak modal untuk merekrut seorang karyawan.

Pelajari cara mengambil keputusan serta tanggung jawab penuh pada pekerjaan. 

Membangun bisnis serta mengembangkan bisnis tanpa investor tentunya perlu tanggung jawab penuh dan banyak tekanan datang, karena keseluruhan yang berkaitan bisnis ada pada mu.

 

3. Pengorbanan

Bangun bisnis sendiri perlu adanya pengorbanan untuk membangun bisnis. Bisnis mu, layaknya seperti bayi, akan menuntut banyak waktu serta perhatian ekstra. Kamu harus rela berkorban untuk meluangkan waktu mu.

Semakin banyak waktu yang kamu luangkan, semakin banyak pula kamu bekerja pada bisnis rintisan mu.

Namun, perlu diingat bahwa menghabiskan waktu untuk usaha tentunya akan menyita waktu dari kegiatan lainnya juga. Kamu harus bisa menyelaraskan waktu mu antara bisnis dengan kegiatan lainnya.

 

4. Pekerjakan orang yang tepat

Ketika pada akhirnya kamu dapat meningkatkan skala bisnis mu, kamu harus mempekerjakan orang yang tepat. Karyawan yang kamu pekerjakan haruslah ahli dan sejalan dengan visi bisnis mu.

Karena menemukan karyawan yang tepat sama halnya dengan mencari investor yang tepat pula.

Bagi saya, budaya perusahaan adalah segalanya, jika kami akan berkembang, harus dengan orang yang tepat.

 

5. Jangan lupa dengan keuangan

Jangan lupa untuk memperhatikan aliran keuangan mu. Karena tidak memiliki seorang investor dalam sokongan dana pada saat dibutuhkan, pastikan perusahaan yang kamu rintis selalu siap dalam segi keuangan.

 
Salah satu pelajaran tersulit yang harus dipelajari dalam membangun bisnis tanpa investor yaitu bersabar.

Kamu mungkin ingin sukses dengan segera, yakinlah bahwa semuanya akan tercapai pada waktunya.
Percayalah pada diri sendiri.

Salam Sukses,
Logo Yamabara - Artikel Bisnis Indonesia
Yamabara
Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *