Investasi

#BusinessNews

Apa Itu Investasi?

INVESTASI - ARTIKEL BISNIS ONLINE - YAMABARA

Investasi adalah aset atau barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau apresiasi.

Apresiasi mengacu pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu.

Ketika seseorang membeli suatu barang sebagai investasi, tujuannya bukan untuk mengkonsumsi barang tersebut tetapi menggunakannya di masa depan untuk menciptakan kekayaan.

 
INVESTASI - YAMABARA
Investasi selalu menyangkut pengeluaran beberapa aset seperti: waktu, uang, atau usaha, dengan harapan akan mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan dari semula.

Misalnya, seorang investor dapat membeli aset moneter sekarang dengan gagasan bahwa aset tersebut akan memberikan pendapatan di masa depan, atau nantinya akan dijual dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

POIN PENTING

Investasi adalah aset atau barang yang dibeli dengan harapan akan menghasilkan pendapatan atau menghargai nilainya di masa depan nanti.

Investasi selalu menyangkut pengeluaran beberapa aset hari ini (waktu, uang, usaha, dll.)

Dengan harapan hasil yang lebih besar di masa depan daripada apa yang semula dimasukkan.

Investasi dapat mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan, termasuk obligasi, saham, properti real estat, atau bisnis, di antara contoh-contoh lainnya.

Bagaimana Investasi Bekerja

Tindakan investasi memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai dari waktu ke waktu.

Investasi dapat mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan.

Hal ini termasuk pembelian obligasi, saham, atau properti real estat, di antara contoh-contoh lainnya.

Selain itu, membeli properti yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dapat dianggap sebagai investasi.

Secara umum, tindakan apa pun yang dilakukan dengan harapan meningkatkan pendapatan di masa mendatang juga dapat dianggap sebagai investasi.

Misalnya, ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tujuannya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan (dengan harapan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak pendapatan).

 
 
Karena investasi berorientasi pada potensi pertumbuhan atau pendapatan di masa depan, selalu ada tingkat risiko tertentu yang terkait dengan investasi.

Sebuah investasi mungkin tidak menghasilkan pendapatan apa pun, atau mungkin benar-benar kehilangan nilainya seiring waktu.

Misalnya, ada juga kemungkinan kamu akan berinvestasi di perusahaan yang akhirnya bangkrut atau proyek yang gagal terwujud.

Berikut ini adalah perbedaan utama dari menabung dengan investasi:

Menabung adalah mengumpulkan uang untuk digunakan di masa depan dan tidak mengandung risiko, sedangkan investasi adalah tindakan memanfaatkan uang untuk keuntungan potensial di masa depan dan mengandung beberapa risiko.