Psikologi Bisnis dan Faktor Pendukung

Psikologi Bisnis dan Faktor Pendukung

Psikologi Dalam BERBISNIS

Sebelum membahas lebih lanjut tentang faktor psikologi dalam bisnis, alangkah sebaiknya kita mengerti dulu apa itu yang disebut dengan psikologi?.

Yang dimaksud dengan psikologi itu sendiri adalah salah satu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia serta hal-hal yang bersangkutan dengan psikis seseorang.

Oleh karena itu, di dalam dunia usaha (bisnis) terdapat banyak faktor psikologi yang dapat mempengaruhi kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki.

Kondisi tersebut membuat sang pemimpin / leader perusahaan memiliki peran penting didalam mengelola perusahaannya, dan harus bisa memahami psikologi pegawainya (karyawan dan karyawati).

Setelah mengerti apa itu psikologi mari kita lanjutkan dengan mengetahui lebih lanjut.

Psikologi bisnis adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisasi dengan manusia. Cara pandang lain mengenai psikologi dalam berbisnis yaitu meneliti tentang bagaimana perilaku SDM (Sumber Daya Manusia) didalam dunia bisnis atau pekerjaan dapat menjadi lebih efektif dan produktif. Serta, mempunyai hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Mau tahu lebih lanjut apa saja faktor-faktor psikologi yang ada dalam dunia bisnis. Yuk! lanjut kebawah.

Faktor Psikologi Bisnis

Faktor PSIKOLOGIS

Faktor apa saja sih!

Yang diterapkan didalam bisnis banyak sekali faktor-faktornya seperti:
* Perilaku pasar atau market.
* Sifat para pembeli atau konsumen.
* Ada perilaku individual dalam organisasi.
* Kemudian budaya perusahaan.
* Dan sosial value atau nilai sosial dan banyak beragam lainnya.

Mari kita ilustrasikan dengan sederhana saja mari bayangkan dalam benak kita sekarang anda berada di daerah muslim sebuah toko bisa mengurangi unsur warna merah dalam outletnya diganti dengan warna hijau yang lebih dominan atau ditambahkan nuansa hijau keputihan.

Dikarenakan bagi kaum muslim warna hijau dan warna putih adalah conforting colour (warna yang nyaman).

Oleh karena itu, dikomunitas pecinan warna merah adalah warna hoki, warna merah di dalam komunitas chinese adalah "conforting colour".

Kembali ke komunitas muslim, warna merah yang menjadi dominan bisa menjadi ancaman. Jangan coba untuk melawan sistem kepercayaan seperti itu bisa tidak laku nanti jualan Anda.

Di dalam dunia bisnis penghasilan itu sangat penting, namun jika mengaplikasikan psikologi bisnis dalam usaha pasti dapat membawa kepada keuntungan yang lebih besar lagi.

Semoga artikel ini dapat menambah ilmu pembaca kedepannya. Terima kasih.

Dampak Psikologi

Psikologi Bisnis Penting Untuk Perusahaan

Hal Ini membantu seorang manajer di semua tingkat organisasi untuk memilih, mendukung, memotivasi, dan melatih karyawan. Dapat juga membantu bisnis dalam merancang produk, membangun ruang kerja yang lebih baik, dan mendorong perilaku yang sehat di perusahaan.

Melalui penelitian ilmiah yang pernah dilakukan, para psikolog menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitas, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, pengembangan dan menerapkan kebijakan yang terbukti menarik serta mempertahankan karyawan terbaik.

Terima kasih, sudah meluangkan waktu membaca artikel bisnis mengenai "Psikologi Bisnis dan Faktor Pendukung" semoga berguna dan dapat membawa manfaat buat para pembaca dimanapun berada.

Sehat selalu!
Salam dari kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *