Psikologi Industri Dan Organisasi

Psikologi Industri Dan Organisasi

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi

Pengertian psikologi industri dan organisasi adalah ilmu yang mempelajari tentang ketertarikan pada perilaku manusia, khususnya memahaminya, memprediksi, dan mengendalikannya.

Ilmu psikologi ini telah menarik minat para peneliti hingga beberapa generasi. Ada lusinan teori yang berusaha menjelaskan mengapa manusia berperilaku seperti itu.

Beberapa percaya itu karena pilihan sementara yang lain percaya itu adalah hasil dari susunan biologis kita. Yang lain percaya bahwa faktor lingkunganlah yang menghasilkan perilaku.

Pada kenyataannya, mungkin interaksi dari semua faktor psikologi bisnis ini (dan banyak lainnya) yang menyebabkan manusia berperilaku seperti itu.

Perilaku organisasi sangat mirip dengan perilaku manusia.
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi hasil psikologi industri organisasi, dan banyak dinamika yang harus diperhitungkan saat menelaah mengapa organisasi berhasil atau tidak berhasil dalam mencapai tujuannya.

Sementara banyak psikolog bekerja dengan individu untuk mengatasi masalah dalam hidup mereka, psikolog yang bekerja dengan bisnis dan organisasi lebih banyak bekerja di tingkat makro.

Berusaha untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masalah di tempat kerja dan mencegah organisasi beroperasi sebaik mungkin.

Psikolog ini bekerja di bidang psikologi industri - organisasi.

Cakupan psikologi industri & organisasi

Psikologi organisasi-industri mencakup studi di berbagai bidang, termasuk psikologi dan bisnis. Kursus umum mungkin termasuk:
1. Penelitian psikologis

Psikologi industri dan organisasi adalah bidang studi penelitian intensif.

Dalam penelitian psikologis membantu siswa memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian psikologis di tingkat individu, kelompok, dan organisasi.

Ini termasuk studi tentang metode penelitian, statistik, dan penilaian.

 
2. Perilaku kelompok

Pada perilaku kelompok, berusaha membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang dinamika kelompok dan bagaimana mereka berdampak pada fungsionalitas organisasi.

 
3. Perencanaan sumber daya manusia

Psikolog organisasi industri sering bekerja sama dengan personel sumber daya manusia. Untuk mengembangkan kebijakan terkait praktik perekrutan dan pemberhentian, program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, dan pembuatan kebijakan untuk mengatasi masalah kritis di tempat kerja.

 
4. Pengujian dan penilaian

Pengujian dan penilaian ini berfokus pada pengembangan pemahaman tentang berbagai tes, serta penilaian yang dapat membantu psikolog organisasi industri menentukan sumber masalah dan masalah dalam organisasi.

Tes bakat, tes kepribadian, dan tes kecerdasan mungkin termasuk di antara tes yang dipelajari dan diinterpretasikan oleh siswa.

 
5. Psikologi konsumen

Psikologi konsumen berkaitan dengan pemahaman tentang cara konsumen berperilaku saat membuat keputusan pembelian. Kursus menyelidiki proses pemikiran, perasaan, penalaran, dan proses di mana konsumen memilih di antara alternatif.

 

Gelar Psikologi

Apa Gelar Psikologi Industri - Organisasi?.
Gelar dalam psikologi organisasi dan industri mempersiapkan siswa untuk menerapkan prinsip-prinsip psikologi ke organisasi dan tempat kerja.

Kursus khusus untuk psikologi organisasi-industri berfokus pada bagaimana psikolog dapat menyelesaikan masalah yang diakibatkan dari perilaku individu, kelompok, atau organisasi yang berdampak negatif pada fungsi organisasi.

Gelar di bidang ini mencakup studi mendalam tentang psikologi, tetapi juga tentang topik terkait karier dan bisnis, seperti pengembangan karier, perilaku konsumen, dan analisis pekerjaan.

Ada juga unsur psikologi sosial dan sosiologi. Ini termasuk teori grup, proses grup, dan pengembangan organisasi.

Gelar psikologi IO datang dalam berbagai bentuk. Ada gelar sarjana yang menawarkan dasar pengetahuan yang luas bagi mahasiswa.
Ada dua jenis gelar ini: Bachelor of Arts (BA) atau Bachelor of Science (BS). Ada dua gelar master yang tersedia juga, dengan pilihan Master of Arts (MA) dan Master of Science (MS).

Gelar ini menawarkan studi yang lebih mendalam bagi siswa di bidang psikologi organisasi dan industri yang mempersiapkan mereka untuk posisi tingkat awal di bidang ini.

Spesialisasi Psikologi Industri & Organisasi

Perkembangan dunia psikologi industri dan organisasi telah memunculkan beberapa spesialis.

Berikut adalah spesialisasi dari cabang ilmu psikologi ini, yaitu:

  • Analisis Jabatan

Spesialisasi analisis jabatan mempelajari tentang susunan, deskripsi, serta spesifikasi jabatan dari tiap-tiap pekerjaan dan posisi di sebuah organisasi.

  • Ergonomi

Pada spesialisasi ergonomi membahas lebih jauh mengenai interaksi antara mesin dengan manusia di perusahaan tempat bekerja, serta bagaimana menciptakan kenyamanan dan keamanan di lingkup kerja.

  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Psikologi industri & organisasi ini membahas tentang kesehatan dan keselamatan kerja, untuk meningkatkan performansi kinerja organisasi.

  • Psikologi Konsumen

Spesialisasi psikologi konsumen mempelajari dinamika perilaku konsumen lebih jauh, terkait dengan pengambilan keputusannya dalam melakukan pembelian. Psikologi konsumen ini membuat penelitian terkait konsumen serta menyusun strategi bagaimana cara menarik minat konsumen. Kemudian, perlindungan hak-hak konsumen juga dibahas oleh spesialisasi psikologi konsumen.

 

  • Perilaku Organisasi

Spesialisasi selanjutnya ada “perilaku organisasi” yang membahas mengenai tingkah laku manusia di lingkup organisasi, baik sebagai individu maupun anggota kelompok. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan performa kerja individu didalam organisasi.


  • Psikologi Personalia

Psikologi personalia cenderung membahas mengenai pengelolaan tenaga kerja yang dimulai dari perencanaan, penerimaan tenaga kerja, penempatan, pengembangan tenaga kerja, pemeliharaan hingga keluarnya karyawan dari perusahaan.


  • Psikologi Sumber Daya Manusia

Spesialisasi yang terakhir ada “psikologi sumber daya manusia”, yang membahas tentang proses pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) baik secara individu, kelompok atau organisasi.

Terima kasih, sudah meluangkan waktu membaca artikel bisnis mengenai "Psikologi Industri dan Organisasi" semoga berguna dan dapat membawa manfaat buat para pembaca dimanapun berada.

Sehat selalu!
Salam dari kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *