Tips Agar Bisnis Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Agar Bisnis Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Memulai Bisnis

Pembahasan artikel mengenai “Tips Agar Bisnis Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19” ini dibuat mencakup seluruh ranah bisnis yang sedang berjuang saat ini untuk bertahan di tengah pandemi. 

Kita semua tahu bahwa di berbagai sektor bisnis mengalami kemunduran akibat Covid-19. Banyak berbagai bisnis secara perlahan menyerah, namun tidak sedikit pula yang memilih tetap bertahan dengan cara mengubah strategi bisnisnya. 

Berikut adalah tips bisnis atau cara-cara yang bisa diambil agar bisnis mu bisa bertahan di tengah pandemi. Tidak hanya bisnisnya, tetapi juga mempertahankannya dan aset-aset lainnya yang tentunya sangat berharga untuk dipertahankan ketika wabah ini usai.

 

7 TIPS SUKSES BISNIS

1. Negosiasi Sewa Tempat

Bernegosiasi perihal sewa tempat usaha adalah tips bisnis yang pertama. Bagi kalian yang belum memiliki tempat sendiri dalam artian masih sewa tempat untuk bisnismu, tak ada salahnya mencoba nuntuk bernegosiasi dengan pemilik tempat / bangunan.

Dengan kondisi yang terjadi sekarang ini mungkin kamu bisa minta agar sewat tempatnya diringankan. Sebagai contoh: potongan harga, kalau memungkinkan meminta gratis beberapa bulan atau bisa juga menunggakan sampai kurun waktu tertentu.

Dengan begitu kamu bisa menyimpan budget biaya sewa tersebut untuk hal lain, setidaknya sampai wabah ini mereda.


2. Pangkas Pengeluaran

Pangkas habis biaya yang tidak penting bagi usaha kamu. Berusahalah agar jangan sampai ada pengeluaran yang tidak mendesak.

Penting sekali untuk menjaga kestabilan bisnis terutama dengan uang yang kamu pegang saat ini. Hitunglah dengan teliti dan jelas berapa pengeluaran bulanan yang pasti.

Sisa uang tersebut harus bisa disimpan untuk jaga-jaga sampai badai Covid-19 ini clear.


3. Penjualan Online

Beralih ke penjualan secara online dikarenakan saat ini orang-orang sedang fokus berada di rumah. #dirumahaja semakin banyak yang bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Ini merupakan kesempatan untuk fokus penjualan melalui online. Manfaatkan media sosial, faktanya dapat menjadi salah satu cara dalam mempromosikan produk atau usaha yang kamu miliki.

Penjualan melalui medsos (media sosial) adalah satu-satunya harapan untuk mendatangkan pendapatan di tengah wabah virus corona (Covid-19).


4. Ikuti Keinginan Pasar

Tips bisnis berikutnya, ikuti keinginan pasar dan tambah produk yang sedang diminati. Sekarang ini orang-orang lebih tertarik dan fokus membeli kebutuhan sehari-hari, seperti alat pelindung diri yaitu masker kemudian hand sanitizer, alat deteksi virus corona serta hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan.

Sedangkan bisnis yang kamu jalankan mungkin tidak berhubungan dengan itu semua. Kenapa tidak mencoba mengambil strategi dengan mengikuti arus ini.

Untuk cafe dan restoran kamu bisa memulainya dengan menjual makanan sehat dan juga siap saji. Konveksi bisa beralih membuat masker dan menjualnya. Apapun itu, kamu harus bisa mengikuti apa yang sedang laris di pasaran agar bisnismu bisa bertahan.


5. Kurangi Budget

Untuk sementara ini kurangilah marketing cost untuk branding dan fokuslah pada Return of Investmen yang tinggi. Jangan buang banyak biaya pada advertising dan branding, yang paling penting untuk sekarang ini adalah penjualan yang tinggi.

Berusahalah melakukan promosi dengan budget yang rendah. Dan jangan segan untuk meminta semua karyawanmu, teman, relasi dan keluarga untuk ikut serta mempromosikan bisnis kamu di media sosial. Sedikit banyak tips bisnis ini akan membantu sekali!


6. Jaga Kesehatan Mental

Jagalah kesehatan mentalmu dan kesehatan mental semua karyawan. Berusahalah menjelaskan mengenai krisis yang terjadi sekarang ini dan beri tahu kepada mereka bahwa perusahaan masih akan sanggup berjalan.

Kita tahu bahwa karyawan pasti khawatir dengan keadaan seperti ini dan sebagai pebisnis kita harus menjaga mental mereka dan meminta dukungan penuh.

Dengan begitu kerja di rumah pun bisa sangat efektif dilakukan dengan adanya pengertian serta dukungan para karyawan.


7. Saling Dukung

Tips bisnis terakhir yang harus diputuskan adalah rantai penyebaran Covid-19, bukan rantai perekonimian dan bisnis kita kan.

Yuk! mari bersama-sama mendukung produk lokal. Karena kita sama-sama yakin krisis di tengah pandemi ini sifatnya hanya sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *