Usaha Kecil Menengah dan Kiat Sukses

Usaha Kecil Menengah dan Kiat Sukses

Pengertian UKM

Hey hey hey... Apa kabar kalian hari ini? tetap semangat menyongsong hari esok. Pembahasan sekarang mengenai artikel Usaha Kecil Menengah yang biasa disingkat dengan UKM. Acungkan tangan buat yang sudah punya bisnis usaha kecil menengah ini. Eitzz.. buat yang belum punya tetap simak pembahasannya ya!, siapa tahu berkeinginan untuk mempunyai dan menjalankan bisnis UKM.

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Dibenak kalian tentunya lagi bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan usaha kecil menengah?. Usaha kecil menengah adalah suatu bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan skala menengah, serta bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan manapun.

Menurut Keputusan Presiden RI nomor 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil merupakan: “Aktivitas ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang kebanyakan merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi buat menghindari dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Jadi pengertian UKM dengan penjabaran yang lebih detail agar mudah difahami yaitu, suatu usaha kecil yang memiliki pemasukan di bawah Rp300 juta dengan jumlah karyawan yang dimiliki di bawah 20 orang. Sedangkan untuk usaha menengah pemasukannya di bawah Rp500 juta dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang.

Tujuan Usaha Kecil Menengah

UKM sendiri didirikan dengan tujuan, sebagai berikut:

  • Menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan UKM agar usahanya dapat tangguh dan mandiri.
  • Dapat mewujudkan peningkatan struktur perekonomian negara.
  • Meningkatkan peran UKM dalam pembangunan daerah.
  • Penciptaan lapangan kerja baru.
  • Pemerataan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi.
  • Usaha kecil menengah tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran dan pengentasan kemisikinan di Indonesia.
kumpulan artikel bisnis

Macam-Macam UKM

Berikut adalah inspirasi usaha kecil menengah dan macam-macam usaha kecil menengah: 

Usaha Kuliner.
Usaha bisnis kuliner ini merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah hilang dimakan jaman.

Usaha Bidang Fashion.
Bisnis fashion juga berpotensi menghasilkan penghasilan yang besar, terutama pada momen tertentu seperti di hari libur nasional, hari libur keagamaan dan momen-momen lain seperti diskon 10.10 dan sebagainya.

Usaha Dibidang Pendidikan.
Tempat-tempat kursus dan tempat pelatihan untuk menambah kemampuan atau keahlian khusus. Dikala pandemi sekarang ini banyak tatap muka secara daring / online.

Usaha Dibidang Otomotif.
Bisnis ini sangat potensial karena setiap tahun jumlah kendaraan terus bertambah. Jual beli suku cadang kendaraan, rental mobil atau motor, bengkel otomotif, serta jasa cuci kendaraan pun bisa kamu coba.

Usaha Agrobisnis.
Tak harus mempunyai lahan yang luas untuk menekuni usaha agrobisnis ini, kamu bisa memanfaatkan perkarangan rumah yang ada.

Usaha Dibidang Tekonologi Internet.
Bisnis berbasis internet digital atau biasa dikenal dengan startup bertebaran dimana-mana.

Usaha Kerajinan Tangan.
Usaha dibidang kerajinan tangan tentu bisa menjadi salah satu peluang yang dapat kamu manfaatkan.
Contoh usaha kecil menengah di bidang kerajinan yang bisa kamu lakukan, seperti: membuat souvenir, membuat boneka, membuat mainan kayu dan lain-lain.

Usaha Elektronik dan Gadget.
Kamu bisa memanfaatkan jasa servis reparasi barang-barang elektronik dan juga gadget atau bisa mulai menjual berbagau macam produk gadget seperti handphone, komputer tablet dan peralatan elektronik lainnya.

Kiat Sukses Agar Bisnis Berkembang

Apakah kamu merasa seperti bisnis yang sedang kamu jalankan tidak ada kemajuan dan tidak sesuai tujuan?
Setiap pengusaha pasti ingin memiliki bisnis yang sukses dan menguntungkan. Jika ingin omset bisnis kecil kamu naik dan berkembang dari sebelumnya, berikut ini kiat menjalankan usaha kecil agar sukses dan berkembang:

1. Hemat Anggaran
Jangan hamburkan uang perusahaan, kemungkinan yang terjadi nantinya kamu kehabisan modal usaha karena terlalu sering menghamburkan uang perusahaan untuk tujuan pribadi. Sebaliknya, temukan sumber pendapatan lainnya di luar sumber utama. Hl ini dapat menjadi sokongan untuk pertumbuhan perusahaan kedepan.

2. Memahami Pesaing
Siapa pesaing mu? Jika akan bersaing cobalah pahami dulu para pesaing mu, kamu harus memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan pesaing bisnis mu jika ingin menang.

3. Strategi Pemasaran
Pemasaran yang efektif adalah kunci utama untuk meningkatkan penjualan, akan tetapi kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mempromosikan bisnis mu. Ada banyak cara murah dan mudah untuk memasarkan jasa / produk mu. Temukan strategi pemasaran yang jitu untuk bisnis mu, karena pemasaran merupakan ujung tombak utama perusahaan. Cara pemasaran serta strategi pemasaran terbaru dengan mengikuti perkembangan zaman menjadikan pertumbuhan perusahaan tetap terjaga dan berkembang.

4. Pelayanan
Buatlah sebuah perubahan yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis kecil kamu memberikan layanan yang lebih unggul daripada pesaing atau kompetitor.

 

Terima kasih, sudah meluangkan waktu membaca artikel bisnis mengenai "Usaha Kecil Menengah dan Kiat Sukses" semoga berguna dan dapat membawa manfaat buat para pembaca dimanapun berada.

Sehat selalu!
Salam dari kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *